Senin, 10 Oktober 2011

Demo Freeport, Satu Orang Tewas


TEMPO Interaktif, Timika - Demo pekerja PT Freeport Timika, Papua, semakin memanas, Senin, 10 Oktober 2011. Satu orang pengunjuk rasa dilaporkan tewas dan lima luka di Rumah Sakit Umum daerah Mimika, Papua. "Semuanya karena tembakan," kata petugas medis yang tak mau disebutkan namanya kepada Tempo.
Unjuk rasa pekerja Freeport di terminal Gorong-gorong, Timika, berubah menjadi amuk massa. Polisi menghalangi para pekerja yang terus merangsek terminal Gorong-gorong sehingga terjadi bentrokan. Massa membakar tiga truk kontainer berisi bahan makanan milik Freeport.
Dari pantauan Tempo di terminal Gorong-gorong, truk kontainer itu masih mengepulkan asap. Belum ada petugas pemadam kebakaran datang. Amuk massa Timika mengakibatkan puluhan pekerja luka dan dibawa ke Rumah Sakit Mimika. Bentrokan juga mengakibatkan enam polisi luka di bagian kepala karena terkena lemparan pengunjuk rasa. Mereka dirawat di Rumah Sakit Mitra Masyarakat. "Kami akan terus memantau situasi di lapangan," kata juru bicara Polda Papua Komisaris Besar Wachyono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar