Jumat, 22 Juli 2011

Desain Batik Karya Indah Wati Dewi

Tema Batik : Filosofi metamorfosa hidup kupu-kupu dan rukun Islam

Makna Filosofi:

Batik adalah warisan budaya yang eksotik. Filosofi dari motif batik yang saya gambar adalah Warna merah pada batik adalah melambangkan keberanian. Melambangkan keberanian akan mengatakan Kebenaran, mengatakan kejujuran . sebagi mahasiswa yang notabennya adalah penerus masa depan bangsa dan agen of change maka kita harus berani mengatakan yang benar adalah benar dan berani bermimpi dan menjadi orang besar untuk memajukan bangsa dan Negara. Berani merubah yang tidak baik. Dan keberanian itu dimulai dari sekarang ketika kita masih menjadi mahasiswa.
Motif kupu-kupu berfilosofi bahwa manusia itu hidup agar bisa mengambil hikmah dari kejadian pada kupu-kupu. Kupu-kupu itu seperti anak remaja, hidupnya bebas pergi kesana kemari seperti tanpa beban. Penuh warna, gaya ekspresi. Dan yang patut ditiru dari kupu-kupu adalah sifatnya ringan, ringan tangan (ringan sayap), ringan diri, ringan tenaga ( ringan tenaga), dengan sifat ringan dia justru terbnag tinggi membawa keindahan dan keelokan dirinya mempesona siapapun. Kenapa kupu-kupu bisa memberikan kebaikan? Karena asupan tiap harinya adalah juga kebaikan yaitu madu. Begitulah jiwa muda mahasiswa dan madunya salah satunya adalah lingkungan kampus dan apa yang ada di kampus. Semisal kampus UMM.

Bunga yang mempunyai kelopak lima dan enam menyimbolkan dasar dan pondasi atau akar dalam hidup kita. Lima adalah rukun islam dan enam adalah rukun iman. Dan warna hijaunya adalah warna yang menyimbolkan kedamaian dalam islam. Seperti kampus kita universitas muhammdiyah malang. Yang berpahamislam yang cinta damai dan asri.

Daun-daun yang mengikat dari kelopak bunga menyimbolkan mahsiswa yang diharapkan menjadikan lima rukun islam dan enam rukun iman akan menjadi dasar dalam kehiduapan pada atau ketika para mahasiswa sudah menyelaesaikan studinya. Sehingga para lulusan yang berguna dan bermanfaat bagi banyak orang.

Prestasi yang dihasilkan oleh desain batik ini adalah juara harapan 2 Lomba Desain Motif Batik antar mahasiswa, Dosen, dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar