Kamis, 19 Mei 2011

Siswa Mimika Raih Peringkat Tertinggi UN


Dua siswa SMA Negeri 1 Mimika, Papua meraih peringkat tertinggi hasil ujian nasional tingkat SMA tahun 2010/2011.

Kepala SMA Negeri 1 Mimika, Matheus Mamo di Timika, Rabu mengatakan (18/5), dua siswa itu adalah Aulia Nisa Ahdin (IPA) nilai 53,20 atau rata-rata 8,9 dan Nidia Marwah Pratiwi Ismail (IPS) nilai 49,00 atau rata-rata 8,2.

Atas capaian itu, ia mengatakan bangga atas prestasi yang diraih kedua siswa tersebut.

"Sekolah sudah tentu bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh kedua anak didik kami dan berharap hasil ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang," ujar Mamo.

Sementara itu, peringkat tertinggi hasil UN SMA jurusan bahasa diraih oleh siswa SMA YPPK Tiga Raja Timika atas nama Dian Kristian dengan nilai 49,80, dan untuk tingkat SMK diraih oleh siswa SMK Katolik Tunas Bangsa Timika atas nama Maria Palmalia Ola dengan nilai 34,30.

Sesuai data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Mimika, peringkat tertinggi hasil UN tingkat SMA untuk jurusan bahasa diraih oleh SMA Negeri 1 Mimika dengan nilai 42,41, jurusan IPA diraih oleh SMA Advent Timika dengan nilai 47,24 dan jurusan IPS diraih SMA Negeri 1 Mimika dengan nilai 44,08.

Sedangkan peringkat tertinggi hasil UN tingkat SMK diraih oleh SMK Negeri 2 Mimika dengan nilai 32,13.

Sekretaris Dinas Dikbud Mimika, Nilus Leisubun mengatakan, hasil UN tingkat SMA dan SMK di Mimika tahun ini mengalami peningkatan dan melampaui target yang ditetapkan pemerintah daerah setempat. Untuk SMA tingkat kelulusan peserta UN di Mimika tahun ini mencapai 98,8 persen dari 669 peserta dan untuk tingkat SMK mencapai 99,5 persen dari 657 peserta.

Adapun peserta UN yang tidak lulus di Mimika tahun ini untuk tingkat SMA sebanyak delapan orang dan untuk SMK sebanyak tiga orang.

"Rata-rata kelulusan peserta UN tingkat SMA di Mimika tahun ini diatas target yang ditetapkan. Faktornya karena sistem penentuan kelulusan yaitu 60:40 dimana sekolah sangat menentukan kelulusan peserta dan pelaksanaan ujian hanya satu mata pelajaran setiap hari sehingga memberi peluang besar kepada peserta untuk dapat meraih hasil maksimal," kata Nilus.

Bagi peserta UN tingkat SMA dan SMK yang tidak lulus, Nilus menyarankan agar mendaftarkan diri ke Dinas Dikbud untuk mengikuti ujian Paket C yang akan digelar setelah pengumuman hasil UN.[nta] (sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar