Selasa, 15 Maret 2011

Timika Tetapkan Jumat Sebagai Hari Sepeda

TIMIKA - Bupati Mimika, Klemen Tinal, SE, MM mencanangkan Hari Jumat sebagai Hari Bersepeda dan Berjalan Kaki bagi masyarakat Kabupaten Mimika. Pencanangan itu dilakukan Bupati Klemen Tinal pada acara Sepeda Sehat dan Penanaman Pohon yang digelar Panitia HUT ke-10 Radar Timika, Jumat (4/3) lalu.

Kata Bupati, pencanangan itu dilakukan mengingat olahraga sepeda merupakan salah satu olahraga yang positif, yang berguna untuk menyehatkan masyarakat serta mengurangi polusi udara. Dimana kegiatan bersepeda telah dilakukan banyak Negara maju di dunia, termasuk di beberapa daerah lain di Indonesia.

Bupati Klemen Tinal sekitar pukul 07.00 WIT membuka langsung kegiatan Sepeda Sehat di tempat start dari depan Graha Eme Neme Yauware, Timika Indah. Kegiatan tersebut diikuti Muspida dan Muspida Plus Kabupaten Mimika, komunitas sepeda serta ratusan masyarakat Kota Timika lainnya.

Setelah doa pembukaan yang dibawakan Ustadz H M Amin, AR SAg dan dibuka resmi, bupati langsung memimpin pesert Sepeda Sehat melalui jalur Jalan Belibis, hingga perempatan Bank Papua, belok kiri melalui Jalan Yos Sudarso hingga Jalan Cenderawasih, sebelum akhirnya finish di lokasi penanaman pohon, gedung baru DPRD Mimika di Kampung Timika Jaya (SP 2).

Rombongan peserta sepeda sehat berjalan beriringan, dengan pengawalan dari Satlantas Polres Mimika. Tiba di lokasi penanaman pohon, peserta kemudian mengikuti dengan meriah kegiatan penanaman pohon, yang diawali dengan sambutan Direktur PT Timika Media Utama, Ir Octovianus Danunan. Ia mengatakan melalui peringatan HUT ke-10 Radar Timika yang jatuh pada 14 Mei 2011 mendatang, Radar Timika mencoba memaknainya dengan mengajak masyarakat untuk tetap mencintai kesehatan diri dan menjaga lingkungan hidup, yakni melalui sepeda sehat dan penanaman pohon.

Kata Octo, demikian biasa disapa, kondisi dunia saat ini sedang bahaya oleh polusi dengan jumlah kendaraan yang terus meningkat serta isu global warming yang mengancam kelangsungan hidup manusia di dunia. “Karena itu kita mendukung program yang dicanangkan pemerintah, one man one tree,” ujar Octo. Mengenai tempat pelaksanaan penanaman pohon, Octo mengatakan, memilih lokasi pembangunan gedung baru DPRD Mimika, karena merupakan gedung wakil rakyat, sebagai representatif dari seluruh masyarakat Kabupaten Mimika.(rex/aj/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar